Monday, June 19, 2017

Seberapa kuat password anda?

Password, menurut wikipedia adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan. Pasti kita semua menggunakan password dalam memasuki media sosial, seperti instagram, facebook, twitter, dan media lainnya.

Tetapi seberapa kuatkah password yang anda buat? Mengapa sepenting itu kah membuat password yang kuat? Ya sangat penting! Karena semakin mudah password yang anda buat, maka semakin muda juga orang lain memasuki akun media sosial anda.

Ada satu website namanya adalah how secure is my password? Website ini bisa membantu anda melihat seberapa kuat kah password yang anda buat untuk dipecahkan komputer, semakin rumit semakin lama juga komputer memecahkannya.
Berikut adalah tips-tips untuk membuat password yang kuat:
1. Jangan pernah memasukkan nama anda didalam password yang akan di pakai
Jika orang lain sudah tau nama anda, dan ingin masuk kedalam akun anda, hal yang mereka tebak pertama kali adalah nama anda. Sebisa mungkin masukkan kata yang tidak ada hubungan nya dengan anda, misalnya permenkaret, kucingmeongmeong, anjingukgukguk.
2. Tambahkan uppercase dan angka didalam password anda
Akan lebih sulit dipecahkan jika anda menggunakan uppercase dan angka didalam password anda, misalnya P3rM3nk4R3t, L4m80rgh1n1, dan lain-lain nya yang menggunakan angka dan uppercase.
3. Jangan menggunakan password yang sudah umum digunakan
Cari digoogle apa password yang paling sering digunakan, lalu jangan gunakan password itu.
4. Jangan membuat password yang sulit diingat tapi mudah ditebak
Jika anda membuat password yang rumit, tetapi mudah ditebak, berarti sama saja, karena orang lain akan mudah masuk kedalam akun anda, misalnya password yang digunakan hanyalah P4ssword. Akan mudah di tebak.

5. Tambahkan lapisan keamanan ekstra
Terakhir tambahkan lapisan keamanan seperti verifikasi 2 langkah, jadi setiap siapapun yang ingin masuk kedalam akun anda, anda akan dapat notifikasi dari handphone anda dan membutuhkan verifikasi dari anda.

No comments:
Write comments