Tuesday, January 3, 2017

Anti Lock Braking System (ABS)



Jika pada kecepatan tinggi mobil yang tidak memiliki ABS melakukan pengereman secara mendadak akan berbahaya, karena ke empat roda bisa saja terkunci dan tentu nya akan sulit untuk dikendalikan. Berbeda dengan mobil yang sudah memiliki ABS. Anti Lock Braking System atau yang lebih sering dikenal di Indonesia dengan ABS, adalah sistem pengereman pada kendaraan bermotor agar tidak terjadi penguncian pada roda pada saat pengereman mendadak.

Lalu bagaimana cara bekerja sistem ABS? Sistem pengereman ini memiliki beberapa komponen :
A. Sensor kecepatan yang berfungsi untuk membaca kecepatan mobil.
B. Katup pengereman yang terdapat pada setiap jalur minyak rem, dan dikendalikan oleh komputer
C. Pompa yang berfungsi untuk mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup rem.
D. Komputer yang berfungsi sebagai otak dari sistem ini.

Cara bekerja nya adalah sensor kecepatan membaca kecepatan mobil disaat sebelum pengereman mendadak dan mengirim data yang telah dibaca ke komputer. Setelah data terkirim komputer akan menyesuaikan katup pengereman sehingga ban tidak terkunci. Sistem kerja ABS cukup cepat, pada kendaraan sekarang ABS bisa bekerja 15 kali 1 detik.



Kerugian dari sistem ini adalah harga kendaraan jadi lebih mahal, mematikan kesenangan untuk para freestyler meskipun memang lebih baik untuk tidak dilakukan di jalan raya dan kelemahan yang terakhir adalah pada jalanan tidak rata karena pengereman nya kurang pakem sehingga pada saat melewati jalanan berkerikil roda tetap berputar.


Seharusnya Indonesia menerapkan sistem ABS sebagai standard semua kendaraan, karena akan sangat mengurangi angka kecelakaan yang terdapat di Indonesia. Terkadang mobil mobil murah tidak memiliki ABS dikarenakan ingin membuat mobil yang murah. Terlebih lagi untuk motor, karena motor mudah sekali terbalik jika rem terkunci.


Sumber foto : http://www.carpartsnigeria.com/contentPages/abs-brakes-demonstration.jpg
http://cdn2.carbuyer.co.uk/sites/carbuyer_d7/files/styles/16x9_720/public/abs2_2.jpg?itok=QZx4I3k_

No comments:
Write comments